Share

Senin, Maret 03, 2014

Momok Kenakalan Remaja



Masa remaja bisa dibilang adalah masa kritis. Kenapa...???
Masa remaja adalah masa perubahan menuju kedewasaan. Disinilah timbul berbagai usaha untuk mengoptimalkan kegiatan remaja yang positif agar tidak timbul yang namanya kenakalan remaja.
Haa...?? emangnya apa sih kenakalan remaja itu?
Kenakalan remaja merupakan duri-duri yang menjadi momok negatif bagi para remaja. Berbagai faktor penyebab timbulnya kenakalan remaja, diantaranya:
1.         Kurangnya perhatian & pengawasan orang tua
Orang tua tentunya bertanggung jawab penuh atas tingkah laku anak-anaknya. Yang perlu digarisbawahi disini adalah masalah perhatian atau kasih sayang. Seringkali anak/remaja merasa tidak mendapatkan perhatian maupun kasih sayang dari orang tua sehingga anak/remaja cenderung lebih percaya kepada teman-temannya. Hal yang perlu ditekankan adalah jangan sampai orang tua kehilangan kepercayaan anaknya sendiri karena kurangnya kasih sayang yang diberikan.
2.         Kurangnya kegiatan positif
Seorang remaja cenderung suka mencari kegiatan ataupun kesibukan. Tentunya yang dianggap sesuai baginya. Entah itu membaca, menulis, bermain, berjalan-jalan, dsb. Untuk itu, perlu rasanya memberikan kegiatan-kegiatan yang terarah dan positif bagi remaja kini.
3.         Lingkungan yang negatif
Lingkungan menjadi faktor penting dalam mempengaruhi apa-apa yangada disekitarnya. Lingkungan negatif tentu membawa pengaruh yang sangat buruk bagi penghuninya. Masa remaja menjadi masa yang tergolong mudah mendapat pengaruh luar.
4.         Keinginan untuk mencoba hal baru yang berlebihan
Anak remaja cenderung menyukai hal-hal yang baru. Mereka merasa tertantang untuk melakukan sesuatu yang baru dan menantang. Ini menjadi catatan untuk menambah pengawasan terhadap anak remaja agar tidak terjerumus ke lembah negatif.
5.         Kurangnya pendidikan keremajaan
Tidak hanya pendidikan dibangku sekolah saja, namun juga peru adanya pendidikan wawasan keremajaan. Mulai dari, karakteristik remaja, pertumbuhan dan perkembangan, reproduksi, Napza (Narkotika, Psikotropika, dan Zat Aditf), HIV/AIDS, dsb. Hal ni diharapkan agar remaja dapat memilah hal-hal yang baik untuk dirinya sendiri dalam menyongsong kedewasaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar